Sunday, June 9, 2013

Tips Cara Belajar Mengemudi Mobil yang Baik dan Benar

Belajar mengemudi boleh-boleh saja tapi jangan terlalu terburu-buru untuk langsung turun kejalan raya, dampaknya apa kalau langsung terjun kejalan??? ntar terakhirnya saya kasih tau...sabar aja, semua itu ada waktunya kok :mrgreen:

Nah berikut ini tips mengemudi yang baik dan benar bagi anda yang baru belajar:

-Posisikan kursi anda ke posisi mangstab, karena ukuran badan orang berbeda-beda so posisi kursi dan setir perlu disesuaikan dengan pengemudinya, jangan lupa atur juga spion dan kaca tengah, kalo yang ada kamera belakang juga perlu mengatur brightness dan contrast agar bisa terlihat dengan jelas terutama di malam hari yang gelap nan horror apalagi kalo ada hujan pake petir, udah gitu petirnya cetar membahana di satu wahana hehe :mrgreen:
-Biasakan kaki anda dengan posisi kopling/ perseneling (manual), gas, dan rem sehingga jika kita hendak menginjak rem tidak tertukar posisi, biasanya bagi para pengemudi yang baru suka tertukar tempat antara posisi rem dan gas, kalau udah sering latihan juga terbiasa mana yang kopling, rem, dan gas.

-Jangan melepas kopling disaat anda sudah berhenti sampai anda benar-benar sudah menetralkan gigi atau memposisikan gigi di nol, jika sudah diposisi nol baru anda boleh melepas koplingnya, kalo nggak gimana? ya silahkan dipraktekkan sendiri hehe langsung mobilnya lompat kayak kodok
-Biasakan jika berjalan dijalan selalu mengawasi sisi kiri mobil agar tidak terserempet oleh pengendara motor, kalo motor yang dipepetnya harley gapapa ntar dia juga langsung klakson pake toak haha, yang bahaya kalo motor biasa ntar klaksonnya dia gak kedengeran sama kita karena kita sendiri asik jedag jedug gak jelas di dalem mobil biggrin
-Jika anda ingin mengenal lebih dalam lagi dengan cara kerja kopling dan gas mobil anda, berarti anda harus sering latihan berjalan di tanjakan (khusus manual) ini ditujukan agar kita bisa berhenti lalu berjalan tanpa turun di posisi jalan yang curam, kalo yang matic boleh nyengirr hehe...kalau anda sudah lulus tahap ini berarti anda boleh berjalan dijalan raya dijamin jossss biggrin
-Biasakan jaga jarak mobil anda dengan yang didepan anda, ini sangat penting
-Jika ingin belok/ pindah jalur/ nyalip biasakan untuk melihat spion dahulu
-Jika anda ragu dalam mengambil jalan/ nyalip sebaiknya jangan dilakukan! ini faktor utama penyebab kecelakaan!!!
-Latihan memarkirkan mobil sendiri jaga-jaga kalau gak ada jukir yang mangkir ditempat parkir (lumayan hemat 2.000)
-Dan tips yang terakhir ini simple tapi terkadang yang sudah pro pun melupakannya, tidak lain dan tidak bukan adalah "sabar" (1 kata simple namun susah untuk dipraktekkan) dijamin ini kata kunci untuk selamat
-Dan yang pualing terpenting adalah berdo'a, biasakan kita berdo'a walaupun kita hanya pergi dekat, siapa yang tahu kalau kita bakal kecelakaan??? ya nggak
Inilah dampak bagi pengemudi yang terburu-buru langsung turun ke jalan raya
 

1 comments: